Kamis, 06 Oktober 2016

Statistika Dan Tabel Distribusi Frekuensi

STATISTIKA DAN TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang apa yang saya dapatkan di mata perkuliahan tentang pengantar statistika. sebelum kita lebih lanjut kita harus mengenal dulu apa itu statistika. Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data, ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas
Beberapa istilah statistika antara lain : populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.
dalam statistika kita mengenal beberapa Tabel Distribusi Frekuensi, diantaranya :
1. Tabel distribusi frekuensi data tunggal adalah salah satu jenis tabel ststistik yang di dalamnya disajikan frekuensi dari data angka. dimana angka yang ada tidak dikelompokkan.
2. Tabel distribusi frekuensi data kelompok adalah salah satu jenis tabel statistik yang di dalamnya disajikan pancaran frekuensi dari data angka. dimana angka-angka tersebut dikelompokkan.
3. Tabel distribusi frekuensi komulatif adalah salah satu jenis tabel statistik yang didalamnya disajikan frekuensi yang dihitung terus meningkat atau selalu ditambah-tambahkan baik dari bawah ke atas maupun dari atas ke bawah. Tabel distribusi frekuensi komulatif ada dua yaitu tabel distribusi frekuensi komulatif data tunggal dan kelompok.
4. Tabel distribusi frekuensi relatif atau tabel presentase. dikatakan frekuensi relatif sebab frekuensi yang disajikan disini bukanlah frekuensi yang sebenarnya, melainkan frekuensi yang di tuangkan dalam bentuk angka persen (%)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar