Selasa, 17 Januari 2017

CONTOH DAN PEMBUATAN CLASS PADA JAVA

Apa kabar guys kali ini saya ingin share tentang contoh dan pembuatan class pada java. berikut merupakan attribut dan deskripsinya. saya ingin menjelaskan secara sederhana sesuai ilmu yang saya dapat.






Dari keterangan tsb, didapati algoritma terhadap kelas buku Alamat sebagai berikut:
  1. Pertama kali, user akan disajikan 5 pilihan menu pada program, yakni: 1. Input data, 2. Tampilkan data, 3. Update data, 4. Hapus data, 5. Keluar program.
  2. User memasukkan pilihan menu program.
  3. Jika user memilih menu 1. maka user akan diminta input data nama, alamat, telp, email. Lalu data entri tersebut disimpan. Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar (kembali ke langkah 2).
  4. Jika user memilih menu 2. maka pada layar akan ditampilkan seluruh data yang tersimpan. Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar (kembali ke langkah 2).
  5. Jika user memilih menu 3. maka user akan diminta input id data yang akan dilakukan update atau perubahan. Lalu layar akan menampilkan summary data dengan id yang diinputkan user. User akan ditanya, “Apakah Anda yakin ingin melakukan update data ini? [y/n]”. Lalu user input pilihan, y (yes) atau n (no). Jika user input y, maka user diminta untuk memilih atribut yang akan diupdate, dengan pilihan (a) nama, (b) alamat, (c) telp, (d) email, (e) semua data. User input pilihan menu.
    • Jika user memilih (a), maka user diminta input nama baru.
    • Jika user memilih (b), maka user diminta input alamat baru.
    • Jika user memilih (c), maka user diminta input telp baru.
    • Jika user memilih (d), maka user diminta input email baru.
    • Jika user memilih (e), maka user diminta input nama, alamat, telp, dan email baru.
Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar (kembali ke langkah 2).
  1. Jika user memilih menu 4. maka user akan diminta untuk input id data yang akan dihapus. Lalu layar akan menampilkan summary data dengan id tersebut. Lalu user akan ditanya,“Apakah Anda yakin ingin menghapus data ini? [y/n]”. Lalu user input pilihan, y (yes) atau n (no). Jika user input y, maka data dengan id tersebut akan dihapus. Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar (kembali ke langkah 2).
  2. Jika user memilih menu 5. maka user akan keluar dari program.
  3. Selesai.
maaf bila ada kesamaan,kesalahan atau kekurangan program pada algoritma tersebut. saya masih belajar dan semoga nantinya saya akan tingkatkan lagi. terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar